jump to navigation

kuching, bersih tapi mahal?! May 1, 2008

Posted by franky in jalan-jalan.
trackback

Kali ini, saya akan coba cerita mengenai Kuching-Sarawak, karena kebetulan saya diberi tugas untuk mengikuti International Conference- Towards Sustainable Land-use in Tropical Area yang diselenggarakan oleh ATBC (The Association for Tropical Biology and Conservation). Konferensi ini berlangsung dari tanggal 23-26 April 2008. Sebetulnya ini merupakan kali kedua saya menginjakkan ibukota Sarawak, Malaysia ini. Dan walaupun saya merupakan staf Ditjen PHKA Dephut, tapi dalam konferensi ini saya justru mewakili ‘almamater’ saya, alias University of Tsukuba, Japan karena sesuatu dan lain hal.

Sengaja saya mencapai Kuching via Pontianak dengan bus malam eksekutif-Rp. 140.000. Selain murah, juga tidak perlu bayar fiskal-Rp. 1 juta dan juga dokumen lainnya jika menggunakan paspor biru. Setelah urusan imigrasi, saya tiba di perbatasan Entikong-Tebedu pukul 5.00 pagi 23 April 2008. Kesan pertama, saya banyak tersenyum membaca information board yang tertempel di sekitar Jawatan Imigresen Tebedu tersebut. Sebagai contoh: “dilarang membuang puntung rokok merata-rata”, “tandas awam” untuk toilet umum, serta “tempat letak kereta” untuk parkir mobil. Hehehehe…walaupun sudah lama tinggal di Kalimantan Barat yang mayoritas berbahasa Melayu, masih saja terasa aneh.

Dari sejarahnya, memang kota Kuching berasal dari kata kucing, dan memang kabarnya dulu di kota ini banyak kucing. Silahkan di googling sendiri untuk urusan ini. Yang jelas, jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia, Kuching jauh lebih bersih (atau karena penduduknya tidak terlalu banyak ya?). Dan untuk urusan pariwisata, sepertinya sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Walaupun, fasilitas dan living-cost rasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta sekalipun! Keindahan kotanya?? biasa saja…malah justru kota-kota besar di Indonesia masih lebih modern dan berkelas untuk urusan bangunan, fasilitas, mall, dan lain2nya. Atau saya terlalu nasionalis, sehingga tidak terlalu berkesan dengan kunjungan saya ke Kuching. Yang jelas menang bersih dan tidak semrawut! Lain-lainnya biasa saja! Kapan orang Indonesia belajar untuk bisa lebih bersih, atau harus dikurangi dulu penduduknya ya? mengingat Kuching hanya berpenduduk sekitar setengah juta jiwa sementara luasnya 4.500an km persegi!

Mengenai international conference nya, berlangsung di hotel Hilton, dengan jumlah peserta 180, dengan materi oral presentasi diikuti oleh 130 orang dan presentasi poster diikuti 44 peserta, termasuk saya. Dan sebagian besar yang datang adalah researcher, baik graduate student, maupun para doktor dan profesor yang ahli di bidangnya. Kali ini seperti biasa, Jepang hadir dengan jumlah terbesar dan full team (aaah…Jepang memang selalu perfeksionis!), sebagian besar dari Kyoto University.

Poster saya sendiri bisa diliat disini. Dan pada malam terakhir, farewell dinner, begitu diumumkan, poster saya mendapat Best Award on Poster Paper. Surprise aja…dan, well…bukan apa-apa, walaupun saya mewakili University of Tsukuba, tetapi originally from Indonesiah. Banyak yang tidak mengira, karena walaupun dalam konferensi tersebut yang dibahas tentang tropical forest, tetapi hampir tidak ada orang Indonesia yang presentasi tentang riset atau publikasi ilmiah yang telah dicapainya. Aaah, sekali lagi saya kecewa sekaligus bangga! Kecewa, karena sebagian besar orang Indonesia hanya jago kandang-termasuk researcher nya, bangga karena saya mendapatkan penghargaan terbaik untuk sesi poster presentation. But, anyway, congrat! Tidak sia-sia saya begadang semaleman buat poster dan kasak kusuk ke Subur Printing atas rekomendasi seorang teman. Akhirnya…menang! Vini Vidi Vici!🙂

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

