jump to navigation

ketapang, kota kecil di kalbar yang sarat mafia illegal logging! May 1, 2008

Posted by franky in hutan&lingkungan.
trackback

seminggu setelah saya kembali ke pangkuan ibu pertiwi-setelah menyelesaikan studi saya di negeri matahari terbit, saya mendengar berita di metro tv. berita menggembirakan, sekaligus memprihatinkan. 23 tersangka illegal logging di ketapang dibekuk pihak berwajib. langsung dari mabes polri dan tim dari dephut. bahkan menhut dan kapolri langsung datang ke lokasi. 6 diantaranya pegawai dinas kehutanan kabupaten ketapang, termasuk kepala dinasnya, juga 3 orang perwira polisi yang siap-siap diperiksa! menggembirakan? ya! memprihatinkan? juga ya! salut buat tim mabes polri yang bisa membekuk para tersangka illegal logging tersebut (walaupun, saya yakin sebetulnya masih banyak oknum-oknum yang terlibat tetapi masih dinaungi dewi fortuna). ini menunjukkan bahwa sudah betapa parahnya bisnis kayu haram berjalan dengan santainya, yang bahkan para pejabat pemerintahan pun turut berpartisipasi dalam penghancuran hutan tropis nya sendiri! ini yang memprihatinkan…malah ada rumor, pada saat datangnya tim menhut dan kapolri ke ketapang, hampir sebagian besar laptop-laptop milik pegawai dinas kehutanan kabupaten ketapang diformat ulang…hehehehe ada apa ini?? tanyakan saja kepada rumput yang bergoyang! malahan, isunya ribuan dokumen yang dianggap sebagai barang bukti banyak yang dibakar dan dimusnahkan! aaah, apakah memang ini hanya rumor??🙂

lucunya, pagi hari nya kadishut kabupaten ketapang menjemput rombongan menhut dan kapolri, sorenya diantar langsung oleh pasukan detasemen 88 dengan beda status! ya, untuk lengkapnya, baca saja majalah Tempo edisi pertengahan April 2008. Betul seperti dugaan saya sejak dulu, menurut sumber di Majalah Tempo tersebut, kayu-kayu illegal tersebut biasanya akan dijual ke Sematan, Kuching.

Satu lagi, Vini Vidi Vici…🙂

Comments»

1. Moes Jum - June 16, 2008

Franki alias Acil Zamzani: Selamat yaa atas kemenangan atas illegal loggers-nya … BTW kenapa cuman yang illegal yang diberitain? Kenapa yang legal2 yang jelas2 telah membuat deforestasi makin hebat gak diungkap? Kan jelas itu kebun2 kayu punyanya perusahaan kertas dan juga jutaan hektar kebun sawit yang mendorong deforestasi dan diijinkan oleh Dephut …. hehehe (salam dari eks-penghuni Cibanteng Motor)

2. Franky - June 17, 2008

haaalaaah….rupane mas Hapsoro tooh?? siip bos…yg legal2 harusnya wis enek sing ngurusi…denger2 sekarang jd komandan grinpis yo?

3. lagoon - October 26, 2008

Mereka korban salah tangkap mas… jangan percaya yang diberitakan di media.. kenyataan yang ada pelaku Il sendiri yang bener logger bebas berkeliaran, yang cecunguk aja yang ditangkap.. Mabes Polrii ?? Sukses ?? Ga lah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: