jump to navigation

Fukuroda no taki 「袋田の滝」& Ringo gari November 18, 2007

Posted by franky in jalan-jalan.
Tags: , ,
trackback

Minggu, 18 November 2007: di pagi yang dingin-sekitar 8 derajat-dengan rasa sedikit malas kami bangun pagi dan tidak tidur lagi bersiap-siap untuk pergi jalan-jalan. Saya berdua Wiet pun sebisanya menyiapkan bento untuk makan siang. Gorengan tempe, martabak mini, lalapan, dan sambal trasi jadi modal kami untuk makan siang nanti di lokasi. Selain perlengkapan perang lain tentunya-maksudnya kamera, jacket, dan syal. Tujuan jalan-jalan kali ini adalah Fukuroda no Taki (Air Terjun Fukuroda) sekaligus Ringo Gari-pergi ke kebun apel untuk memetik buah apel di kebunnya, lokasinya di Daigo-machi, masih termasuk Ibaraki-ken. Untuk memetik apel di kebunnya tentunya harus beli, walaupun sebelumnya kita diperbolehkan makan buah apel sepuasnya. (paling banter bisa makan 2 buah aja kok! dan masuknya juga harus mbayar 300-en. tabehodai janai yo!). Atas prakarsa MPK-merah putih kai-kami yang tergabung dalam PPI Komsat Ibaraki difasilitasi untuk bertamasya bersama-sama dengan sekitar 40-an teman Indonesia lainnya dan beberapa teman orang Jepang, hanya dengan membayar 1000-en, itu pun untuk sewa bus dan tiket masuk ke dua lokasi tersebut. Sisanya, disubsidi! Thanks for inviting us…Coba kalo sengaja pergi sendiri, pasti akan lebih dari 1000-en, bisa jadi pake acara kesasar pula.

Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam setengah, menuju ke dua lokasi tersebut. Pake acara dikawal 2 orang polisi segala🙂 tapi memang katanya, untuk orang asing yang mempunyai acara secara group-seperti jalan2 contohnya-harus disertai anggota dari kepolisian Jepang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kami tiba di lokasi menjelang siang, sekitar setengah 11 di Fukuroda no taki. Perjalanan dari tempat parkir ke lokasi air terjun saja sekitar 20 menit, tetapi sepanjang perjalanan jalan kaki tersebut, di sebelah kanan kiri terdapat toko yang menjual aneka macam makanan oleh-oleh khas daerah tersebut. Ya, hal semacam in, sepertinya sudah menjadi protap di Jepang. Setiap lokasi wisata, kecil atau pun besar, selalu sekalian wisata kulinernya. Selain menambah income daerah tersebut, juga akan menambah daya tarik tersendiri. (Sepertinya pengelolaan wisata di Indonesia belum maksimal yaa? karena kadang di tempat wisata saja susah mencari tempat makan, atau kalaupun ada, harganya pasti akan jauh lebih mahal).

Kami pun sempat mencicipi ikan ayu bakar (memang itu namanya). Rasanya khas Jepang! alias tanpa bumbu apa-apa, hanya ditaburi garam saja dan dibakar. Lumayan juga rasanya, walaupun dengan harga 400-en. Di banyak toko yang tersebar juga banyak dijual konyaku, yang sampai sekarang, saya belum bisa merasakan enaknya makanan tersebut padahal katanya sangat berguna bagi kesehatan. Daerah ini memang dikenal sebagai penghasil konyaku, yang dibuat dari sejenis umbi yang konon kabarnya berasal dari Indonesia, tetapi jenis umbi tersebut sekarang sudah bisa dibudidayakan di Jepang.

Sebelum memasuki kompleks air terjun-MPK membagikan tiket masuk seharga 250-en. Jalan masuk menuju air terjun pun sepertinya sengaja dibuat terowongan. Mungkin biar mempunyai kesan yang lain, dan lebih surprise tentunya! Karena begitu kita sampai di ujung terowongan, kita dihadapkan pada pemandangan air terjun yang sepertinya memang lain daripada yang lain. Sementara, kita tidak menduga dan tidak bisa melihat air terjun tersebut dari jauh. Tetapi, karena hari libur, rasanya susah sekali mencari posisi untuk berfoto di depan air terjun tersebut, karena selain ramai orang, juga sempit. (Kesannya di ujung terowongan tersebut, kita seperti berada di balkon, yang pemandangannya air terjun!)

Puas menikmati air terjun, kita kembali berjalan menuju tempat parkir bus untuk melanjutkan perjalanan ke kebun apel. Hanya sekitar 10 menit dari kompleks wisata Fukuroda no taki, kami sampai di lokasi kebun apel. Duduk di bangku2 yang disediakan, kami disuguhi apel, dan tentunya boleh makan sepuasnya semampunya. Di sini saya baru tau, kalo ternyata buah apel di Jepang banyak macamnya. Ada jenis Tsugaru, Kogyoku, Akibae, Sinano Sweet, Gunma no Igetsu, Youkou, Fuji, dan Ourin. Dan berbuahnya pun lain-lain waktunya. Kebetulan yang berbuah bulan November ini adalah Fuji dan Ourin. Saya sendiri lebih menyukai jenis Ourin, karena lebih manis, banyak air, dan wanginya khas. Apel ini berwarna hijau, seperti hijau buah pir. Hanya sayang, pada saat memasuki kebun untuk memetik apel, ternyata buah jenis ini tidak tersedia, dan hanya tersedia jenis Fuji saja.

buahnya lebat daunnya jarang

Walaupun cukup mahal Dengan harga 600-en/kg, akhirnya saya memetik 4 buah saja. Lagipula mengambil banyak pun hanya memenuhi kulkas dan belum tentu habis dimakan. Tetapi setidaknya saya jadi tau, seperti apa kebun apel-khususnya di Jepang-dan bagaimana mereka mengelolanya menjadi sebuah tempat wisata kuliner yang menarik! Hanya menjual apel di kebunnya langsung, tanpa bingung harus memikirkan transportasi ke pasar, tanpa harus menyediakan kemasan serta tanpa harus membayar tenaga yang memanen dan mengangkut. Irit, tapi untungnya gede! Kapan kita bisa meniru seperti itu?

after lunch

Comments»

1. KDRI - November 19, 2007

wah enak e jalan – jalan… mbok saya diundang ke saya buat studi banding hehehe

2. KDRI - November 19, 2007

maksudnya ke sana…bukan ke saya hehe… salah ketik

3. franky - November 20, 2007

waah pak menteri kan sudah sering ke luar negeri…? lagipula mahasiswa kan duitnya cekak…:)

4. arielies - November 21, 2007

apelnya tadi kalo menuh2in kulkas ya disumbangin gituh lho ke TBIC…… ^_^

maaf bos, itu apel cuma 4 biji belinya, yg 2 udah habis diembat, yg 2 dikasih ke temen…jadi yaa sumimasen neee….
makanya kalo mau, harusnya ikut-ngga perlu dicancel tuuh, bisnya masih lega jinega…

5. mukhotomah - November 21, 2013

gomen,10menit dari fukuroda taki sampe ringo gari,ditempuh dengan jalan kaki/naik bis yaa,arigatou.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: