jump to navigation

Ramadhan di Indonesia September 12, 2007

Posted by franky in coretan ngalor ngidul.
Tags: , ,
trackback

Ramadhan di Indonesia rasanya lain dan banyak hal-hal yang dilakukan memang hanya khusus di bulan suci ini. Setelahnya? yaaaa balik maning-balik maning. Contohnya saja:

  • penampilan artis-artis yang berubah, yang tadinya biasa tampil ‘apa adanya’ dan vulgar, tau-tau berkerudung dan berjilbab di bulan Ramadhan, yang biasanya berlomba-lomba pamer aurat, jadi mendadak alim…

  • banyaknya penertiban tempat hiburan malam, bar, karaoke, panti pijat, dan tempat2 ‘aneh’ lainnya, termasuk razia PSK (pekerja seks komersil, rasanya aneh, kok yaaa ada istilah pekerja seks yaaaa??). ditambah juga razia minuman keras (kenapa tidak dilakukan tiap hari saja?)

  • ramai2 berziarah ke kuburan (kok yaa cuma ramai menjelang Ramadhan doang?)

  • menjamurnya pengemis dan orang yang mendadak jadi miskin

  • banyak orang yang menimbun kebutuhan pokok sehari2 termasuk para pedagangnya, akibatnya harga-harga melambung naik…lantas pemerintah segera bergerak untuk operasi pasar. biasa diikuti oleh berita seperti: “…menurut pantauan pemerintah di pasar anu, menjelang lebaran kali ini, stok beras,daging, dan kebutuhan pokok lain mencukupi…” atau sebaliknya…

  • maraknya kirim sms dan email yang berisi permintaan maaf, dulu kartu lebaran (herannya, termasuk juga aku!! hehehehe) padahal Rasulullah tidak mencontohkan hal seperti ini. karena harusnya permintaan maaf dilakukan tidak hanya di bulan Ramadhan, tetapi selalu diucapkan pada saat kita melakukan kesalahan-baik sengaja atau pun tidak. pun hal ini terjadi pada saat idul fitri, tradisi maaf memaafkan sudah seperti mendarah daging di indonesia. kalimat: “minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin” sudah seperti kalimat baku di tiap lebaran. Mudah2an siih semua ucapan ini hanyalah doa, walaupun sebetulnya tidak ada “protap”nya. Saya hanya bisa bersyukur jika ada orang lain yang mendoakan kita.

  • menjamurnya kedai ramadhan, yang berjualan bermacam2 makanan (tajil) yang bisa jadi hanya ada dan dijual di bulan ramadhan saja (nhaa, yang ini bikin kangen niih…:)

Aaaah….andai tiap hari adalah Ramadhan…

Comments»

1. Wintri - August 21, 2009

Emang ya kLo rmdhan tMpT2 ky gtU,mNumAn kraZ,bNyk oRng TbA2 alim,knp d bulan2 laen g?
Pa tobt’a paz rmdhan z

2. keramix - August 4, 2011

bener bgt nih jdi malu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: