jump to navigation

x-country by trike: pnk-ktp, 2 jam 15 menit August 22, 2007

Posted by franky in terbang.
Tags: , , , ,
trackback

jika anda pernah melakukan perjalanan dari pontianak-ketapang, atau sebaliknya, itu bisa dicapai dalam 35 menit jika menggunakan pesawat jenis ATR (kal-star atau indonesia air transport), dengan fare sekitar 500 ribu rupiah. Atau jika ingin menghemat lagi, bisa dilakukan dengan menggunakan kapal cepat) yang memakan waktu sekitar 7 jam normal dengan biaya 165 ribu rupiah. Jika ingin menghemat lagi, bisa menggunakan jalan darat (yang disambung dengan kapal feri melalui sungai) yang memakan waktu sekitar 15 jam normal dengan biaya sekitar 100 ribu rupiah plus makan.

bagaimana jika ditempuh dengan menggunakan trike? sejenis pesawat glider yang mempunyai sayap flexwing dan dilengkapi engine 2 tax 582 cc 65 HP? yaa, sebuah tantangan memang, mengingat jalur tersebut banyak melalui hutan, rawa, dan laut dengan straight distance sejauh 189 km…tapi jika dihitung totalnya hampir sejauh 220 km! berdasarkan hitung2an fuel, kondisi engine, cuaca yang mendukung, dan beberapa checkpoint yang bisa dijadikan tempat untuk emergency landing, maka bersama hendra sebagai co-pilot nya, saya mencobanya…

setelah selesai melaksanakan tugas monitoring hotspot di wilayah rasau dsk, pontianak, selama 3 sortie penerbangan dari tanggal 9-11 agustus, saya memutuskan membawa pulang pk-s 142 dengan ferry flight, alias diterbangin! walaupun belum pernah seorang pun mencobanya, saya merasa yakin, jika jarak tersebut dapat ditempuh tanpa melakukan refuel…tentunya juga berharap Yang Di Atas selalu memberikan perlindungan dan keselamatan, mengingat kita tidak bisa 100 persen tergantung kepada engine!  the sky is wide, but no room for any mistakes! hebatnya, hujan turun sehari sebelumnya mengguyur panasnya kota pontianak, sekaligus memadamkan hotspot-hotspot sialan itu.

ya, pagi itu, cuaca sepertinya kurang bersahabat, mengingat sisa gerimis masih turun dan langit belum sepenuhnya clear. kemungkinannya 50-50! cuaca bisa bertambah jelek, atau justru menjadi bagus…tapi bulatnya keyakinan yang dikipasi dengan tantangan yang menghadang membuat niat untuk menerbangkan pesawat nyamuk ini makin membesar. waktu itu pukul 06.50 ketika request start engine. semuanya berjalan normal, radio dan alat navigasi portabel pun segera disiapkan, perkara jadi terbang atau tidak. jam 07.10 semuanya sudah siap, termasuk hendra-calon penumpang yang akan ikut ke ketapang, backpack berisi laptop dan baju kotor pun ikut menemani. petugas atc (air traffic controller) sudah memberikan perintah: “papa kilo siera one fourer two, report when ready for taxing” ketika tiba-tiba disambung dengan “hold on short!” gara-gara ada adam air dari jakarta yang akan landing, setelahnya disusul dengan batavia-air yang sudah line up di runway 15 siap-siap untuk take off. waaah…setelah menunggu backtracknya adam air ke apron, dilanjutkan take off nya batavia air yang hampir 20 menit, barulah dikasih clearence untuk line up runway 15. melalui frekwensi 118.300 saya laporkan: “papa kilo siera one fourer two, line up runway one five, ready for take off. born for ketapang altitude three thousands feet and below!” tepatnya, 07.35 pk-s 142 airborne

setelah 15 menit terbang, disuruh geser frekwensi ke pontianak approach di 119.000. ya, walaupun terbang dengan special vfr-visual flight rule, bukan seperti pesawat2 besar yang memakai ifr-instrument flight rule-yang semuanya serba otomatis, tetapi untuk masalah keamanan kita harus selalu komunikasi dengan pihak controller. sekitar 20 menit terbang, kita dihadang hujan! dengan berbekal doa, dan perhitungan sederhana melihat cuaca di depan, akhirnya diputuskan menerobos hujan! pertimbangannya jika ke kiri, cuaca memang menjanjikan di depan, tetapi harus menghadapi headwind yang menyebabkan pesawat menjadi pelan dan terlalu jauh lari dari track! sementara jika ke kanan, harus menghadapi hujan dan awan gelap, tetapi sedikit mendapat tailwind yang mampu membuat pesawat bertambah laju dan tetap di tracknya! dalam pikiran saya, biarlah terkena hujan asal bisa lebih kencang dan tetap mendekati tracknya…hampir 10 menit hujan menerpa pesawat yang terbuka itu, walhasil rintik2 air hujan pun menerpa sekujur tubuh dan juga kaca helm! (dalam bayangan saya, seperti naik motor aja…cuma bedanya ini motor ngga bisa berhenti dan parkir untuk mencari tempat berteduh!)

checkpoint pertama dilalui! batu ampar…lega rasanya, mengingat di kecamatan tersebut cukup banyak terlihat rumah dan perkampungan dan tentunya lapangan bola…minimal bisa menambah pede, karena siapa ngga ngeper terbang diantara mendung dan awan, sementara di bawahnya hanya hamparan hutan sekunder, hutan nipah, dan sungai berkelok2 yang tidak ada pilihan tempat emergency landing jika sewaktu2 terjadi hal2 yang tidak diinginkan…sekedar membuat sensasi, begitu overhead kecamatan batu ampar tersebut, saya keluarkan handphone dan sms ke kawan2 di pontianak dan bos yang sudah menunggu di ketapang…ya, sepertiga perjalanan telah dilalui!

checkpoint kedua (teluk batang) dilalui setelah kembali diterpa hujan gerimis. kembali dihadapkan kepada 2 pilihan…naik dan menerobos awan hujan, terbang di atasnya dan lolos dari hujan, atau turun dan terbang di bawahnya tetapi terkena hujan. akhirnya pilihan kedua lah yang dipilih, mengingat tebalnya awan hujan dan rasanya terlalu beresiko jika harus naik dan memutuskan masuk ke dalam awan! untungnya hujan kali ini tidak terlalu lama, hanya sekitar 5 menit saja. kembali saya keluarkan handphone dan sms posisi kami…kali ini saya hanya terbang dengan altitude 800 feet! setengah perjalanan telah dilalui…ya, tinggal 2 checkpoint yang tidak kalah susahnya untuk dilalui, karena harus melalui laut (selat karimata) jika ingin memperpendek jarak. walaupun kami berdua tidak jago berenang, dengan pedenya kita ambil pilihan shortcut tersebut dan terbang di atas laut! kali ini saya coba climb sampai 3000 feet! doa tak terlepas dari mulut saya, sementara hendra di belakang kelihatan tegang dan stress! tetapi yang jelas, kami merasa kedingingan!

checkpoint ketiga adalah sukadana, yang sekarang menjadi kabupaten kayong utara…gunung tambak rawang sudah di depan mata, masalahnya posisi kota kecil tersebut juga berada di teluk dan diapit oleh gunung palung yang menjulang dingin di sebelah kiri dan bukit-bukit kecil (jajaran gunung peramas) di sebelah kanannya, belum lagi awan2 rendah yang menggumpal di sekitarnya. kembali keputusan diambil untuk tetap terbang di atas laut, mengingat jika terbang menyusuri jalan dan perkampungan, efek turbulensi dari gunung palung cukup besar untuk mengaduk2 pesawat mungil ini! tidak sabar rasanya untuk mencapai checkpoint terakhir (pulau sempadi) di tanjung baik budi…

betapa lega rasanya setelah passing pulau sempadi, karena setelahnya kita bisa terbang menyusuri jalan raya dan perkampungan…segera setelahnya saya keluarkan capuccino kotak yang sudah saya persiapkan sebelumnya! betapa nikmatnya merasakan capuccino di antara awan-awan yang menerjang di ketinggian 3000 feet! setelah melewati tanjung baik budi, saya lampiaskan ketegangan dengan bermain2 dengan awan! terobos sana terobos sini, saya coba naik melewatinya, lalu turun lagi untuk menabraknya….sampai akhirnya tak terasa, di gps sudah menunjukkan angka 9 km remain menuju airbase di sungai awan, ketapang…karena langit di sekitarnya merupakan wilayah kami tempat biasa bermain2, saya coba climb sampai 4000 feet-disamping angin sudah mulai kencang di ketinggian 2000 feet ke bawah-beberapa menit berlalu, akhirnya runway insight! saya turunkan ketinggian dengan idle rpm-sekaligus memberikan surprise dengan bos yang sudah menunggu di runway-sampai akhirnya pada posisi long final runway 11 sei awan…walaupun angin sudah mulai deras menerpa, tapi setidaknya tetap headwind! “cabin crew, please take your landing position!” jam 09.50 kami landing dengan selamat, setelah perjalanan mendebarkan selama 2 jam 15 menit dengan bahan bakar terpakai hanya 30 liter! happy landing, cap!

jadi, jika anda melakukan perjalanan dari pontianak ke ketapang dengan menggunakan trike, modalnya hanya sekitar 500 ribu rupiah untuk 2 orang plus tambahan nyali yang cukup tentunya🙂

Comments»

1. agustinus triwidodo - January 31, 2008

bagaimana ya aku pingin punya trike, yg bisa terbang sejak kecil aku pigin jadi pilot tapi, sekarang udah umur 40 th keinginan itu masih keras sekali, adakah yg bisa bantu aku untuk membelinya dan bagaimana belajarnya, trimakasih yg bersedia membantu aku, apa mesinnya kusus? soal keberanian terbang tak disanksikan lagi, walaupun ada takut si ada? tapi terbang itu nikmat
salam dirgantara

2. Franky - February 2, 2008

via japri aja pak, kirim email ke saya di franky_zamzani@yahoo.com

3. Sufi Hisanuddin - May 25, 2008

Pak saya pengen dapat info lengkap tentang pesawat trike, terutama tentang komponen-komponen dari pesawat trike itu sendiri…?

4. Franky - May 26, 2008

tulis email aja ke saya…ngga cukup kalo dijelasin disini…
lagian banyak jg tuh website tentang pesawat nyamuk itu…heeee….
thanks telah berkunjung….!

5. Ikhwan Amirudin - June 6, 2008

dh,
pengalaman yang luar biasa kalau bisa terbang dengan trike, ngomong-ngomong saya lagi ada rencana bikin pengamanan hutan nih, saat ini sudah terbentuk 500 personil satuan perlindungan hutan, ketika saya tahu Trike,saya melihat ini kendaraan ultralight yang cukup efektif guna memantau hotspot di kawasan hutan yang kami jaga, sehingga pasukan saya dapat saya pusatkan di wilayah-wilayah yang terdapat hotspot, btw kalau mau beli trike saya dapat menghubungi siap nih? tolong informasikan cotact person di Dalam maupun luar negeri ada yang bisa bantu nggak nih?

6. asep - February 2, 2009

salam dirgantara
pak sy jg sama pingin sekali terbang tapi apadaya jangan kan untuk beli pesawat. tp saya senang ada web yang membahas ttg pesawat trik apa lagi bisa menjelasin cara bikin dan pengoprasiaanny ya untuk nambah ilmu penetahuan he..he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: