jump to navigation

happyou June 8, 2007

Posted by franky in japanology.
Tags: , , ,
trackback

Hari ini gw presentasi (baca: hapyou) study plan yg kesekian kalinya…Minggu2 ini seminggu sekali harus hapyou! Gila, dihitung2 dalam sebulan harus 6 kali hapyou sekaligus persiapan gakkai di Kochi. Hal positif yg bisa diambil dari sistem pendidikan di Jepang (khususnya Tsukuba University) yg mengutamakan presentasi adalah:
– setiap orang yg mempunyai konsep, pemikiran, dan rencana2 harus di share dengan orang lain, pinter jangan buat sendiri (intinya gitu, dan ini sejalan dengan konsep Islam, bahwa semakin banyak kita membagi ilmu, semakin banyak kita bertambah ilmu),
– kita bisa belajar dari apa yang telah disampaikan orang lain terutama alur2 berfikirnya, metode pemecahan masalahnya sekaligus untuk mencapai tujuannya, cara pengambilan kesimpulannya, tingkat keberhasilan dalam menangani masalah, dan masih banyak lainnya.
– setiap orang harus belajar menghargai pendapat orang lain, walaupun ngga ngerti benar apa yang dikemukakan, at least mau mendengarkan.
– nyontek itu perlu, asal menjunjung tinggi etika dan kaidah tentang contek mencontek. justru orang yg ngga nyontek perlu dipertanyakan. artinya, segala sesuatu yg kita rencanakan akan lebih bagus hasilnya jika referensi kita jelas, belajar dari pengalaman orang2 yg sukses, belajar tidak membuat blunder dalam penyelesaian masalah. intinya setiap langkah dalam menggapai sesuatu harus jelas pertimbangannya (untuk urusan contek mencontek, gw harus belajar dari temen2 gw…smile mode:on)
– jika kita bisa sharing dengan orang lain, maka orang lain jg akan berusaha membantu kita, tentunya jika kita sharing kepada orang yang lebih cerdas daripada kita. niatnya positive thinking aja, asal apa yg akan kita lakukan adalah hal2 untuk kebaikan, why not?
– kebiasaan jelek seperti yang dimiliki oleh kebanyakan orang Indonesia, harus dibuang, khususnya untuk memendam segala macam obsesi, keingintahuan, cita-cita, bahkan mimpi pun tidak boleh kita pendam. karena orang2 top yang berbuat kebaikan untuk orang banyak jg dulunya tukang mimpi…presentasikan dan diskusikan saja, siapa tau orang yg kita ajak diskusi bisa mewujudkan mimpi2 kita
– dengan presentasi dan menghadiri presentasi berarti kita belajar menjadi guru yang baik sekaligus juga belajar untuk menjadi murid yang baik. jika kita dapat giliran hapyou, pastinya kita akan berbuat yg terbaik, agar si forum dapat mengerti apa yang kita sampaikan, sebaliknya, jika kita dapat giliran menjadi pendengar, maka merupakan tantangan bagi kita agar bisa mengerti apa yang orang lain sampaikan.
– jangan takut berbuat salah, karena dalam proses belajar, seseorang pasti pernah merasakan salah atau bahkan kegagalan. tapi yaa, jangan terus ngawur dan kalap…

banyak sekali hal positif yg bisa diambil dari sistem pendidikan seperti ini, hanya satu hal negatif bagi gw: jadinya gw sering pusing, dan insomnia karena dikejar deadline! nha loo..tapi it’s ok, kata tukul, kristalisasi keringat itu penting! sebuah perjuangan yg kecil untuk mendapatkan banyak hal2 yang baik adalah sesuatu yang sangat rasional kan? jangan dibalik…begitu.

Ichinoya 31-804, 6/6/2007. 12:26 JST.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: