jump to navigation

tidak ada yang melebihi… September 8, 2006

Posted by franky in petuah ndeso.
Tags: , , ,
trackback

Aku mencari kesenangan bagi diriku, tetapi tidak kutemukan kecuali dengan meninggalkan segala urusan yang tidak ada sangkut pautnya dengan diriku. Aku menyepi seorang diri sampai di hutan belantara, ternyata tidak ada yang melebihi kesepian bila berkumpul dengan kawan yang buruk. Aku telah mencoba segala rasa yang enak seluruhnya, tetapi tidak kudapatkan sesuatu yang melebihi enaknya sehat wal afiat. Aku telah mencoba segala macam rasa pahit, tetapi tidak kudapatkan sesuatu yang melebihi pahitnya perasaan pada saat kebutuhanku kepada orang lain. Aku telah mencoba mengangkat barang-barang yang berat, termasuk batu dan besi yang berat, tetapi tidak kudapati sesuatu yang melebihi beratnya berhutang. Aku melihat kepada segala sesuatu yang dapat merendahkan derajat kemampuan dan yang dapat melumpuhkan kekuatan, ternyata tidak ada yang melebihi kemelaratan…

Intinya: hidup dimana sebenarnya sama saja. tinggal bagaimana kita menjalani, meraih tujuan hidup kita, sekaligus mensyukurinya…sementara Tuhan telah mengatur semuanya…

(Amakubo 4-8-17)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

