jump to navigation

first solo flight (trike) October 10, 2006

Posted by franky in terbang.
Tags: , , , ,
trackback

Pertengahan 2003. Anwar Permana, dia lah yang kali pertama mengenalkan “terbang”, baik dengan paragliding, paramotor, paratrike (“becak” bermotor dan berparasut), lalu trike. Trike sebetulnya merupakan modifikasi dari hang glider yang dilengkapi engine, selanjutnya dalam penyempurnaan sekarang, sudah dilengkapi dengan cockpit mewah dengan berbagai instrumen canggih…Jenis trike juga bermacam2 tergantung engine dan wing. Dari engine 2tax 400an cc, 503 cc, 582cc sampai engine 4tax 912cc. Wing pun beraneka jenis, dari wing pelan, intermediate, sampai wing yang buat ngebut. Pada tahun ini, saya baru mencoba bonceng saja dengan Kang Anwar, dengan trike Cosmos 503 wing pelan. Pikiran di benak saya waktu itu, kapan gilirannya saya yang duduk di depan, alias menjadi “pilot”nya.

Januari 2004. Lido. Rudolf Lenzun. Dia lah yang pertama kali mengajarkan saya bagaimana terbang dengan trike. (Trike yang dipakai adalah milik kantor Taman Nasional Gunung Palung tempat saya kerja, yang punya rencana untuk melakukan monitoring kawasan dan patroli dari udara dengan menggunakan pesawat nyamuk tersebut!). Hampir sebulan setengah saya belajar, baik ground school maupun terbang di bawah bimbingan Pak Dolf yang perfeksionis. Biasanya latihan dimulai dari jam 5.30 pagi (rasanya malas banget harus bangun pagi, mandi, dan berangkat ke runway dalam dinginnya udara di Lido). Waktu ini dipilih karena pada jam2 tersebut angin belum bertiup, kondisi ini sangat cocok buat pemula yang baru belajar terbang dengan trike. Dari taxing, posisi line up, ready for take off, climb, terbang straight and level, descend, turn left/right, U-turn, ambil posisi base leg, on final, sampai touch down dan landing. Kemudian simulasi engine-off, emergency landing, dan forced landing. Sampe 20 jam terbang saya belajar (sekitar 1 bulan), kapan saya akan terbang solo, tanpa instruktur yang duduk di belakang.
Bagian paling sulit belajar terbang adalah landing! Jadi kriterianya jika pilot sudah diperkenankan bisa terbang solo adalah dari 10 kali landing, maka 10 kali pula harus sempurna landing alias 100%! Yaa, dunia terbang memang harus mengutamakan kesempurnaan…
Pernah suatu saat saya merasa sudah siap untuk terbang solo, tetapi gara2 malam harinya tidak bisa tidur karena sakit perut, besok pagi dipaksain untuk training, tanpa memberitahu instruktur kalo saya kurang tidur…Walhasil, begitu latihan, bukannya bertambah bagus, malah jadi kacau…Artinya, saya tidak jadi terbang solo hari itu, malah disuruh nambah jam terbang lagi!! Gara2 hanya kurang tidur…Siapapun pilot yg kurang tidur, tidak dibolehkan terbang, karena akan berpengaruh pada respon otak yg jadi sedikit telat, termasuk pilot pesawat nyamuk sekalipun!
3 maret! sore hari…saat yang ditunggu2 pun tiba…cuaca clear&friendly…akhirnya pak dolf menyuruh saya terbang solo! waaaaaah….grogi juga….ternyata berbeda sekali pada saat terbang sendiri dibandingkan berdua penumpang di belakang…apalagi berat saya yg cuma 56 kilo! padahal di manual, minimal berat pilot harus 65 kilo! hasilnya baru beberapa meter take off, itu pesawat sudah airborne saking ringannya….waaaaah…deg2an pertamanya….namanya juga baru bisa terbang solo…dan saat yg paling mendebarkan adalah pada saat landingnya…pilot pesawat apa pun, terbang berapa lama pun, yang penting adalah landingnya! dan akhirnya, setelah ambil posisi base leg, long final, descend, luruskan pesawat ke runway, sampai akhirnya touch down di runway dengan mulus! wiiiis mantep pokoknya…ngga cukup sekali, itu harus dicoba berkali2…karena kondisi cuaca, akhirnya saya hanya bisa mencoba 3 kali take off/landing. Seminggu setelahnya ditambah lah jam terbang di Lido, intinya, walaupun sudah bisa terbang solo, tetapi bagi saya tetap memacu adrenalin! Kenikmatan seorang pilot adalah pada saat setelah happy landing! Lalu tiba lah saatnya pesawat harus di packing, untuk segera dibawa ke Ketapang, Kalbar dan saya juga harus segera meninggalkan Lido untuk kembali melaksanakan tugas…Bravo, for first solo flight!

Comments»

1. agustinus triwidodo - January 31, 2008

mas trike nya beli dimana? atau bikin sendiri bisakah? mesinnya jenis apa? nafsu nich lihat exsen mas-2, bisa bantu mas, salam sejahtera selalu, GBU

2. Franky - February 2, 2008

Terimakasih commentnya, utk trike yg jelas tidak bisa bikin sendiri…Karena barang tsb utk terbang, jd yaa ngga bisa coba2 bikin…Ibaratnya, kalo motor mogok di jalan bisa minggir, kalo terbang terus mogok, mau minggir dimana? :)
Coba Bapak gabung dengan komunitas2/flight club, seperti di Lido Sukabumi (Solowings), Lanud Sulaiman-Bandung, Cibubur Aero Club di komplek bumi perkemahan Cibubur, atau di Solo/Yogya jg sudah ada keliatannya club2 tersebut.
Yg saya tau, di Indonesia ada dealer resmi khusus merk Airborne (Australia) dan Cosmos (Perancis). Saya kasih info lengkap, jika Bapak bersedia kasih alamat email yg bisa saya hubungi. Salam…

3. Omar Din ( Mike) - February 19, 2008

saya sedang mencuba untuk menjejaki seorang teman lama saya yang telah mengajar saya mengendalikan trike atau “gantole”.
Nama nya Pak Aegong berasal dari Jakarta.
Dia adalah seorang Instructor.untuk Handglider dan Trike ” Gantole”
sekiranya saudara bertemunya titipkan salam saya buatnya dan minta agar dia sudi menghubungi saya.

Terima kasih

4. Franky - March 11, 2008

Thanks for visiting my blog…
Sekilas saya ingat waktu masih training di Lido pernah ketemu dengan anda…Pak Agoeng juga saya kenal, walaupun tidak terlalu dekat, tetapi kalo saya bertemu akan saya sampaikan salam dari anda. Boleh saya minta kontak address (email) ? Sekarang dimana? Apakah masih suka terbang?

5. nur satriyo - April 25, 2008

sy luruskan gantole bermesin sangat mungkin sekali dibikin custom sendiri teknologi yg digunakan itu teknologi th 70an ingat film jamesbond udh pakek trikes dan gyrocopter, trikes di eropa lahir dari para petani yg kesulitan nyemprot pestisida maka mereka custom sendiri, sy jg custom sendiri dan sangat mudah bs berkunjug ke rmh saya disolo sy banyak pesawat trikes

6. Franky - May 1, 2008

salut buat bapak…! mohon info jenis material dan engine nya…
apakah engine nya dan wing nya juga custom sendiri? kalo iya, kenapa produk bapak tidak dipatenkan dan dikomersialkan saja? selain bisa menambah income, pastinya nama indonesia khususnya solo bisa harum sebagai produsen trike juga selain perancis, australia, amerika, afrika selatan, jepang, dll….buktinya, bapak bilang, trikes di eropa lahir dari petani…mereka jg bisa, kenapa bapak tidak???

7. kush - May 6, 2008

biasanya terbang di mana..saya pingin tau dan pingin nyoba

8. Franky - May 12, 2008

dulu sy training di lido. biasanya siih terbang di ketapang-kalbar. untuk monitor hutan. jadi terbangnya di atas hutan biasanya :) salam

9. Yohanes Slamet Widodo, SP - July 31, 2008

mas bagaimana prosedurnya jika ak mau ngadakan wisata trike di salatiga, dekat kopeng, karena saat ini aku dan team diserahi lahan seluas 2 ha ama lembaga kami bekerja yaitu Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga untuk mengelola menjadi agrowisata di Salaran ( 2 ha), Villa Sanghrilla 2,5 ha. Aku pikir kalo wisata agro yang telah ada hanya petualngan darat aja so mereka udah jemu. Tolong info ke kami untuk arrangenya?tolong email ke saya ya biar sebgai bahan pertimbangan ke dewan pembina UKSW, thanks for infonya

10. wewed - August 10, 2008

salam kenal mas franky
saya saat ini kerja di TNBK Kalbar, disini juga baru kedatangan 1 bh pesawat trike tersebut. Nah besok rencana mau pelatihan di lido juga.. walaupun agak telat karena status saya menggantikan rekan saya yang ternyata phobia ketinggian
ada tips2 nggak untuk winger pemula seperti saya ini …
ohya saya temennya Susilo TNGP (satu angkatan kul sama saya) salam buat dia ya mas

thx

salaam
Wewed TNBK

11. satriyo - October 1, 2008

bagi custom trike indonesia apabila kesulitan untuk urusan propaller bisa hub sy. hand made propaller dr kayu kusus utk pesawat trike. ada berbagai model.

12. satriyo - October 1, 2008
13. Andy - November 14, 2008

Berapa ya harga trike 1 seater atau yg 2 seater ? Mmg nya ada yg buatan lokal ??

14. Franky - November 16, 2008

yg 1 seater mungkin kurang dari 200jt rp…
yg 2 seater ada 2 macam bos, biasanya engine 582cc 2 stroke, sama yg 912 cc 4 stroke…yg 582 lebih murah, sekitar 300jt mungkin, tergantung kurs juga…yg 912 kurang dari 500jt (yg ini, dipake terbang solo-bandung kurang dari 4 jam tergantung cuaca…)
yang buatan lokal sepertinya belum ada yg certified, kalo engine sih ngga mungkin…kebanyakan engine merk Rotax buatan Austria…wing dan gondola banyak macemnya, ada yg bikinan Perancis (Cosmos, Air Creation), Australia (Airborne), Afsel (Aquilla), dan lain-lain…
Info lain via email, bos… :)

15. joko palu - November 25, 2008

salam, saya sangat kenal dengan kang anwar. soalnya beliau yang ngetest waktu cr0ss instruktur. tahun 2006 saya siswa di lido. murid opu, gerhad sitorus

16. yudha prabumulih - December 23, 2008

salam,,,,,pak frenky saya ngak tanyaapa apa,,cumua mau nitip salam ajah buat opong gerhard S,pakde renny widodo,om tio,gimana kabarny?????

17. franky - December 25, 2008

Ok, saya kenal baik dengan beliau2…tapi saya di Kalbar…hehehe…kalo Om Tio masih sering kontak…Mudah2an kabarnya baik2 semua…Mas Yudha, kenal beliau2 dimana? :)

18. totok widayanto - January 23, 2009

pak DE saya mau tanya biasanya pesawat trike bisa teke off butuh standart landasan berapa meter panjangnya trims banget (soale aku ngiri ambek sampeayan hi hi hi)

19. Franky - January 27, 2009

Trike dengan wing intermediate (bukan High Speed, biasanya standar pake engine 582 cc) perlu landasan lebih pendek, saya beberapa kali landing di diagonal nya lapangan bola. Tapi amannya sih, apalagi untuk pemula, 250 meter laah…lebih panjang lebih aman. Kalo trike yg high speed (engine 912), kalo bisa minimal 400 meter saja, karena ‘rolling’ waktu take off juga perlu jarak yg panjang, mengingat luasan sayapnya juga sempit…

20. MacLing - January 29, 2009

Halo semua,

dimana saya melakukan Joy-Flight Trike di daerah Jakarta
Mohon info Contact Person & Nomor telphone yg bisa dihubungi.

Saya ingin merasakan terbang dgn Trike.

Terimakasih.

21. Abangnya - January 29, 2009

joyflight bisa dilakukan di Lido (arah ke Sukabumi), tepatnya di Solowings Flying School. No. kontak bisa ke 0251-8222922. Terimakasih kembali. Salam.

22. Dani - February 4, 2009

mr franky….
masih ingat ga ?

dani yang dulu di lido

dah keren dunk sekarang…hehehehe

kapan ke lido lagi???ha??ha??
bawa lempo…

btw…ada former bos Solo Wings yang coment di blog om franky..

mike…hehehe

tq

DAni

23. Franky - February 7, 2009

@ Dani:
thanks, udah mampir di blog gw…
masih inget tentunya dong…masih di Papua?
Lempo masih ada, tapi sekarang muahaal….:)
Sekalian nanya, itu Mike sekarang dimana? punya alamat kontaknya (HP)

Salam,

24. deni - April 5, 2009

salam kenal buat Franky ,saya deni polhut dari Tn Sembilang Palembang saya baru ikut latihan Trike dan rencananya akan ada lanjutan latihan sekitar bualn April ’09.omong2 gimana sekarang kemajuannya setelah ada trike d gunung palung???

25. Franky - April 5, 2009

salam kenal juga…
progres ok, technically ngga masalah…kita dulu biasa terbang 2 kali seminggu ke kawasan, rata2 total 250 km /sorti…hampir seluruh kawasan (90rb ha) udah dijelajahi…
belakangan, pilot2nya sdh pada pindah dan jadi SPORC, jadi sekarang tinggal sendiri….
terkait ada masalah internal dalam pengelolaan TN, sementara belum aktif terbang lagi…kita punya mekanik khusus trike juga, yg statusnya masih honor….undang2 kalo udah mau simulasi terbang ke kawasan…

26. yudha_beuud prabumulih,,,,, - April 27, 2009

owww……krang gi d kalbar,,,,,,,,,,,,,,,hug hug hug hug,,,,,,,,,,,,kirain gabung d lido or pndok cabe,,,,,,,,,,sya,,,sodara ny pak reny,,,,,ktmu om tio n opung kmrn pas d palembang,,,,,,,,,opung msih ng jar pakreny,,,,,,,,,,sya jg sring bgt k lido,,,,,,,,,,salam

27. raja sapta oktohari - April 28, 2009

salam kenal pak franky,
Nama saya Okto, saya dari Sukadana. Saya tertarik dengan Trike. mohon infonya. Anyway, tanggal 7 mey kalo tidak keberatan saya undang ke Sukadana (dgn Trikenya juga seru.. hehehe). Terima kasih

28. Franky - May 2, 2009

Boleh aja, tp sementara mungkin ke Skd nya pake mobil aja laah….Cuma kita ada rencana cari runway di sekitar Pasir Mayang…
Bisa bantu?? biar ke depan bisa diparkir disitu aja….

29. Jacko - May 6, 2009

Halo Pak Franky,

Mau tanya, kalo terbang pakai Trike, yang memiliki daya jelajah tinggi, bisa tidak terbang dari ujung barat pulau Jawa sampai ujung timur pulau Jawa non-stop? btw ketinggian terbang maximum dari Trike yang memiliki spesifikasi tinggi itu berapa meter Pak?

Thanks Pak atas info nya.

30. Franky - May 10, 2009

Halo Pak Jacko…
Sepertinya belum ada deh, sejauh itu…
Saat ini baru ada jenis yg pake engine 912cc dengan High Speed Wing, fuel capacity 70an liter….tapi kalo dimodif ditambah tangki cadangan, mungkin saja bisa…tergantung si pilot & cuaca nya…
Altitude tidak dipengaruhi oleh spek…altitude dipengaruhi oleh traffic yg diatur airport (kalo terbang di kota), yg jelas harus aman bagi si pilot, mengingat kepadatan air traffic dan juga obstacle (gedung, tower bts, gunung, power-line, dll)…Ketigngian maksimum, sampe batas udara masih tersedia di langit (karena terbang dengan trike ngga pake masker oksigen, dan terbuka), ya kira2 bisa sampe 10.000 feet…walaupun kalo saya paling tinggi ya 3000 feet saja….kecuali kalo ketemu gunung….Sama2, dan salam…

31. Armando - May 11, 2009

Halo Pak Franky,

Gambar Trike diatas (pilot dan penumpang) untuk teka off nya dibutuhkan jarak berapa meter? dan kalau jarak 200 km bisa di tempuh berapa lama dengan Trike seperti diatas? dan konsumsi bensin nya untuk 1 jam bisa berapa liter?

Apakah bisa melakukan terbang dengan atraksi seperti gantole? contoh nya memutar vertikal dengan 360 derajat memakai Trike seperti diatas?

Thanks

32. Franky - May 12, 2009

tergantung beban Pak Armando…normally sih sekitar 200 meter an sudah airborne…safety nya sih lebih dari itu…200 km bisa ditempuh dalam waktu kira2 2,5 jam (dalam kondisi angin smooth, normal). 1 jam sekitar 12 liter (tapi itu pun tergantung beban, angin, dan umur mesin)
Atraksi?? ngga direkomendasikan Pak… :) Untuk amannya jangan, apalagi 360 derajat. Jawabannya: TIDAK BISA.

Trims telah berkunjung,
Salam,

33. Eduardo - May 13, 2009

Hola Franco,

Numpang nimbrung Pak, 200 km waktu yang dibutuhkan 2,5 jam? kok lambat ya Pak? mobil saja bisa menempuh jarak 200 km dengan waktu 2,5 jam, dengan kondisi jalan bagus alias jalan tol. Apa tidak ada Trike yang lebih cepat dari yang di atas? yang bisa menempuh jarak 200 km dalam waktu 1 jam atau 1,5 jam?

1 jam sekitar 12 liter? boros juga ya Pak? mobil ukuran 1000 cc lebih irit isap bensin nya. Apakah semua Trike seperti itu konsumsi bensin nya? kalau yang 1500 cc atau 2000 cc ada tidak Pak?

Kalau cuaca mendung aman tidak terbang naik Trike?

Pernah naik Trike yang sudah di modif pakai Float Pak? apakah lebih berat beban nya?

Thanks

34. Franky - May 19, 2009

mmm itu kira2 saya aja…dan udah terlalu banyak dikasih spare…takutnya nanti dikomplain kalo terlalu ngepres… :)
sebagai gambaran, biasa saya terbang 2 jam pas utk jarak 180an km…dengan bahan bakar terpakai sekitar 15an liter…itu pun juga tergantung sy mau ngebut apa tidak tergantung angin…ada juga trike yg 912 cc, 4 tax…yg 1500cc mending beli pesawat fixed wing aja, bos…dan, kalo bandingannya dengan mobil, mending beli mobil aja…lebih cepat & lebih irit….mendung akan hujan, mendung biasa, atau mendung awan tebal…perlu diperjelas pertanyaannya…nanti kalo saya jawabnya ngga tepat, dibandingin lagi dengan yang lain…
akan lebih bagus, kalo bapak mencobanya saja….trims

35. robby - May 21, 2009

Salam Boss Franky
Saya tertarik dengan trike ini, dan ada hasrat buat belajar. Dulu saya pernah gabung dgn Alfa Flaying Club (Halim) dan pernah dapet Student Pilot Permitt jg dr DSKU dan belajar terbang jg (tp hanya dpt 5jam saja). Apakah kalo mau belajar trike mesti di jawa? Skrg saya domisili di Kalsel, karena kalo mau belajar saya liat butuh waktu ampe 1 bulan ga mungkin buat saya mengingat kerjaan yang ada di sini. Ada punya kenalan ga di Banjarmasin yang bisa ngasih kursus??
En apa ada yang jual trike yang seken ga ya… he he…

36. ekobambang - May 28, 2009

pak franky, nyambung lagi sm pak satrio, kira2 sekarang ada enggak di indonesia yang bikin trike, saya sangat antusias dengan semangat untuk bikin sendiri, kalau mungkin engine nya pakai susuki carry 1000cc dilepas gearboxnya, mungkin enggak, tks

37. Nur Satriyo - May 31, 2009

custom trike bs pakai mesin apa saja..mesin harley pun bisa…mesin 2 atau 4 tak pun bisa…tergantung kreativitas kita…..gak ada patokannya asal hitungan trikes ke wings-nya pas….kl bs pakek-mesin antara 100-500cc 2 tak lebih ringan…lebih bagus lagi twin engine…

38. Nur Satriyo - June 4, 2009

pak ekobambang……..untuk pemula customs trikes dibutuhkan experimen jg….kl anda udh py bekal ilmu mengenai mesin, itu oke lah……tp kalau kemauan dan mental anda tempe ya percuma saja…. mending dimulai dr pesawat radio control dl aja….biar ndak masuk angin….

39. Nur Satriyo - June 8, 2009
40. abu hawra - July 7, 2009

ada ga kursus trike di medan ato di sumatra dech…cita2 dari kecil pengen melayang2 kaya burung…biayanya berapaan kalopun di jawa n dimana?

41. senang terbang - July 10, 2009

pak franky,

saya betul2 tertarik dgn trike (ulv)mohon penjelasan tentang:
biaya kursus dan lamanya (waktu)
harga trike 2 sitter second hand (apakah ada yg. jual)
apakah ada kursus di jogjakarta (siapa yg harus saya hubungi)
trimakasih banyak sebelum dan sesudahnya

42. Franky - July 13, 2009

halo pak senang terbang :)
biasanya training rata2 20 jam terbang udah solo…bisa kurang bisa lebih…tapi karena pada saat training sangat tergantung dengan cuaca (harus cuaca yang benar2 bagus), itu bisa memakan waktu sekitar sebulan…karena tiap hari rata2 hanya 1 jam terbang…di yogya rasanya sudah ada klub, coba saja tanya di lanud (fasida DIY).
harga trike sekarang sekitar 400jt, itu juga tergantung aksesoris…via japri aja pak, ke email saya: franky_zamzani@yahoo.com
trims kembali

43. senabg terbang - August 2, 2009

pak franky yth,

kira2 berapa biaya training sampai dapat brevet untuk trike.
brevet atau sit *surat izin terbang* berapa lama berlakunya?
apakah 400jt itu trike baru? aksesoris apa saja yg penting untuk trike?
dan instrumaent apa saja yg harus/wajib ada di trike?
mohon penjelasan, email saya temuno@yahoo.com
kemungkinan bulan september ini saya akan berusaha menghubungi
fasida jogja
trima kasih banyak sebelum dan sesudahnya

44. k4k4nda - August 8, 2009

bagaimana dengan trike yang electrik… ga berisik donk…harga jauh lebih murah…150jutaan

45. k4k4nda - August 8, 2009
46. ardaniel - September 30, 2009

halo permisi… semuanya,saya mau jual pesawat ultralight,rotax 582 ada yang minat?

47. aguskartomo - October 14, 2009

as wr wb. mas frenky apa kabar kenalin saya agus di ambon mau nanya nih gimana caranya sy bisa dapat barang kalo aku punya budged 150jt ya kalo bisa ya generasi inova lah kalo ibarat mobil kijang, jngn kijang kotak. sy tunggu infonnya. Best regard.

48. senang terbang - November 20, 2009

berapa harga trike yg bpk ardaniel mau jual?
sudah dipakai berapa jam

49. rudywing - December 1, 2009

Hallo Pak Franky salam kenal..
menarik skl cerita pengalaman Anda dgn Trike. Sy penggemar aeromodelling sejak lama, tiba² sy punya hasrat keinginan utk terbang dgn trike. kemudian iseng² sy cari videonya di youtube. kalau yg sy lihat di luar negeri ada mini trike yg mesinnya sepertinya kecil sekali dan tanpa cockpit, mungkin sekitar 100 s/d 200cc. Apakah yg demikian ada di Indonesia? budget bisa jd lebih ekonomis.. btw. memiliki trike apakah ada pajaknya spt mobil? dan apakah setiap terbang kita harus membayar sejumlah uang kpd pihak ttt? (bukan latihan), terima kasih Pak Franky

50. agustinus widodo - December 16, 2009

to, pak Franky ytk, trimakasih informasinya, soalnya sejak dulu waktu kerja di pt di, sudah pingin pesawat kecil, jika sekarang ada rejeki akan saya wujudkan, untuk bergabung dengan sahabat-2 pecinta udara

51. nci - December 17, 2009

maaaaaaaaaaaaaaaass,salah kirim messegnya masalah Trike,harusnya dikolom yg ini ya…hik hik sedih.Intinya,saya dan suami berminat untuk ikutan Trike tahun depan,dan kalo ada gyrocopter juga mau banget,mohon informasi selengkapnya,tentang biaya,alamat,no tlp club2 yg ada di indonesia khusunya bandung.terimakasih atas waktunya

salam,
amsterdam,Nci dan Paul

52. Rudy Gantolle - December 22, 2009

Sekedar sharing:
Saat ini memang ada mini-trike untuk gantolle standard, bermesin kecil, bahkan dibawah 100cc (Top 80, yg digunakan untuk paramotor dgn static thrust hingga 48 kg), tujuannya untuk menuju thermal dan melakukan soaring. Trike ini sangat ringan, dibawah 30 kg plus mesin. Mudah2an dalam waktu dekat sudah ada yg bisa terbang di Indonesia ini. Kalu yg udah jadi bisa lihat contoh di: http://www.flycastelluccio.it/j15/index.php?option=com_content&view=article&id=32:sky-ghost&catid=1:ultime&lang=it

53. Anggawati S - December 22, 2009

Hallo Mas/Pak Franky,
Saya jg tertarik nih pengen coba terbang dgn trike, tp lbh tertarik lg saya pengen jadi instrukturnya… ada yang mau sponsorin saya gak neh..?? :)

54. Anggawati S - December 22, 2009

Ketawa tp serius lho…

55. teguh gunadi - January 9, 2010

Saya sangat tertarik dengan Trike,dimana saya bisa lihat dan menyentuhnya.Mohon tanya 1.ukuran rotor,sudut,RPM saat take of dan landing dan saat terbang. 2.ukuran luas wing panjang, lebar dan sudut depan,3.berapa HP powernya.bisa gak pakai mesin 4tak mobil atau motor.4 chasis dibuat dari besi baja bukan . terimakasih mohon informasi lebih lanjut

56. TEGUH PRIBADI - February 2, 2010

PAK FRANKY SEDIKIT YANG MAU SAYA TANYAKAN SEUMPAMA MESIN MOTOR BEBEK 125CC DIGUNAKAN SEBAGAI MESIN AKANKAH PESAWAT ITU BISA MEMPUNYAI DAYA ANGKAT DAN TERBANG SEKIAN TERIMAKASIH

57. Franky - February 3, 2010

waaah saya bukan orang experimental…bukan kapasitas saya untuk menjawab sepertinya…banyak faktor yg jelas…
daya angkat dipengaruhi beban, putaran mesin, pitch propeler, wing…kalo untuk ‘mosquito’ (gantole yg dikasih mesin kecil di belakangnya) sih mungkin masih bisa…kalo trike yg saya naiki total weightnya aja 201 kg…

58. Nur Satriyo - February 6, 2010

salam
masih ragu-ragu ya jawab pertanyaan yg pada pengen customs trikes….
Jual customs mikrolight aerosport
http://wongantiklamp.multiply.com/photos/album/89/AEROSPORT_FOR_SALE

59. Rizkyanto Widiatmoko - February 13, 2010

mas , minta tolong pliz ..
kalo nyari baling – baling ( blade)nya trike tu dmn ???
Kira2 harganya brapa ??
Bales ya

60. juned - March 6, 2010

askum..
baling baling nya belinya di mana&hrganya.. trims.

;juned

61. juned - March 7, 2010

slam knal mas rizkioyanto. kita sama sama memburu baling” saya mhon untuk saling ber info . trimakasih

62. purwadi - March 7, 2010

oke smua aku memang gaptek olah raga ini memang mahal ,p apakah bisa mesin 2tak yamaha fiz r bisa digunakan untuk paramotor dan minta infonya untuk parasut yg di gunakan paramotor bisa saya dapat di mana dan juga info lengkapnya sekali kali di ulas dong tentang paramotor kan bisa untuk solo klu paramotor bg7

63. nanang yulianto - March 23, 2010

wah saya seneng dan tertarik dgn experience mas.
yang saya mau tanyakan dimana saya bisakah saya membeli mesin rotax4tak itu dengan harga berapa saya harus membayarnya? terus kalau lengkap dengan pesawatnya berapa juta?
thaks for your info..

64. hery - May 31, 2010

nama sya hery gusman, alamat ketapang kal-bar, kenapa g ga’ pernah terbang di ketapang lagi mas

65. ujang - June 13, 2010

saya mau belajar harus kemana ya ? training di bandung ada ? beaya brp ? tk

66. andri - June 26, 2010

bossss kira2 harga engainnya brapa y?djogja daerah mana saya dapatkan?

67. hery - July 4, 2010

mas franky, ajak lah skali2 terbang, boleh ga ?

68. Timur Kurniawan - September 29, 2010

mas Franki boleh tahu apakah mengendarai pesawat trike butuh surat ijin terbang sepert sim. apakah ada hukumnya bila tanpa ijin..surat ijin siapa yg mengeluarkan berapa biayanya. dan dimana tempat belajar mengenderai peasawat trike yg bisa menerbitkan SIMnya dan berapa biaya total belajarnya

69. Aji - October 21, 2010

Waduh mahal amat ya barang2 dindoneisa? trike yg single seat aja 200jt? yg double seat sampe 500jt? busyet…, pantesan perkembangannya lambat banget diindonesia , coba bandingin dng yg ini yg udah pake engine rotax 28HP :
http://mytrikebuild.blogspot.com/
dijual cuman 50jtan barang diamrik.

Salut deh sama Nur Satriyo yg bisa mengembangkan versi customnya (home made). saya yakin harganya jauh lebih murah. perkiraan sy kayaknya untuk 1 seat hanya bth biaya 15jtan aja kalo pake engine 250cc 2tak.
bgmn mas satriyo brp harga versi customnya?

70. Guntur - December 4, 2010

Mau numpang tanya, kalo sewa trike berapa’an ya harganya? ato jadi passenger aja..

71. dalban - December 17, 2010

saya tuh ingin banget terbang pakai pesawat kayak gitu hihihihi tapi sampai skr keinginan itu blm tertunaikan. ya gitu lahh.. saya ga punya cukup informasi, dan uang untuk membeli hihihi… berapa sih harganya?

franky - January 19, 2011

Banyak kok mas komunitas nya…di Lido, Yogya, Solo, Bandung (lanud Sulaiman)…bisa aja joyflight (mbayar)…kalo mau beli skrg mungkin antara 400-500jt an…tergantung spek & merk.

72. geraldy - February 14, 2011

mas mau nanya klo misalnya pengen bli trike itu dmn ya mazz…/ websaite dealer nya juga boleh…

thx…

73. Franky - February 14, 2011

Coba dibrowsing ke airborne.com

74. geraldy - February 15, 2011

itu yg mas kasih tw harga nya itu,trike bermerk ap mas/ dari negara mana

75. geraldy - February 15, 2011

skalian bisa beritahu dealer trike airborne di indonesia mazz..

thx

76. Eko - March 4, 2011

Salam kenal Mas Franky, saya Eko Jakarta, bisa minta no hp-nya? No saya 0818159746

77. sam - March 17, 2011

mas mw nnya klo mesin gyrocopter itu perkiraan brp cc ya mas…………

thx………..

78. andi ramdhani - June 1, 2011

berapa harganya gan?

79. Dede Kosim H - December 6, 2011

Buat mas Nur Satrio,
Salut dah punya nyali menekuni home made trike.
Saya pengin silaturahmi ke rumah Mas liburan mendatang. mau beli propeller. Kasih alamat dong atau no hp Mas? Trims
Moga suskses jadi manufactur customs trike di Solo.
Dede Kosim H, Banjar-Jawa Barat hp 081323526526

80. Dede Kosim H - December 6, 2011

Buat Mas Franky,
Duh lupa ni, maaf numpang nanya di webnya mas.
Salut atas uraiannya tentang trike. Saya ngebet juga sih sama trike.
Terima kasih Mas.

Timur - December 8, 2011

pak untuk trike bisa jelajah tempuh berapa kilometer bisa tidak menyebrangi selat sunda

81. syamsi - January 10, 2012

Salam kenal pak Franky..
Slamat bpk dah bs bermain-main diudara dgn trike.
Sy skrg lg belajar jg di lido, dgn instruktur bang Gerhard. Kebetulan ada tugas kantor yg mengharuskan pake trike. Jadinya, latihan dl. Rasanya membahagiakan bs solo…

82. Gery - January 30, 2012

mas frangky dan teman2 lain, kalo boleh saya mau info dealer trike di indonesia ato yang home made… email saya gwarnares86@gmail.com

kalo ada kenalan pecinta olahraga ini di papua boleh kontak2 saya :)

83. andi uchu - February 8, 2012

salam kenal mas Franky, untuk propellernya yg terbuat dr kayu belinya dimana? dan harganya kira2 berapa mas franky? apakah panjang propellernya tergantung dr jenis mesin yg kita gunakan? sebenarnya sy tertarik banget dgn flight strike tapi sy ingin mengaplikasikannya dgn system gyrocopter/autogyro, apa bisa nggak ya mas franky? terimakasih ” andi_ucu@yahoo.co.id

84. dewa - February 27, 2012

Salam kenal!! Saya dewa dari bali mau tanya kalo di bali ada info gak dimana tempat terbang trike trus kalo mau belajar di lido berapa biayanya??

85. harry Pasya - March 2, 2012

saya ingin alamat dealer trike yang dijakarta, bisa tolong kirimkan alamatnya ke email saya pak thanks sebelumnya

86. harry Pasya - March 2, 2012

S aya ingin alamat dealer trike yang dijakarta, bisa tolong kirimkan alamatnya ke email saya pak thanks sebelumnya alamat email saya harry_pasya46@yahoo.co.id

87. Riko - April 5, 2012

Mas Frenky untuk alamat dealer trike untuk yg versi seperti airborne australia atau versi lain yg pakai mesin 912 yang ada di indonesia dimana saja, saya lagi cari untuk kebutuhan kantor,mohon infonya
Kalau contact person yg di lido siapa?
Thanks
Riko
Email:paravansa@hotmail.com

88. muhamat - June 20, 2012

Palangka Raya Lama tidak terbang terkendala pengurus organisasinya kacau.khusus nya pesawat nyamuk

89. Setiawan Gerda Yustitia - June 22, 2012

Salam kenal mas….boleh saya minta informasinya mengenai dealer pesawat trike ini di Indonesia ( jakarta ) ? saya sangat berminat dengan oleh raga ini. Ini email saya : setiawan_gerda@yahoo.com sebelumnya saya ucapkan terimakasih

90. Yosi Permajaya - November 14, 2012

Kenapa tidak merakit sendiri. Seperti dengan mesin motor honda NSR 150 CC harganya sekarang murah. Harga motornya kisaran 5-7 juta. sedangkan yang kita butuhkan mesinnya saja. kemudian di modifikasi dibagian cluth (kopling) dan bak kopling. Sekedar info di daerah Malah tepatnya di Batu sudah banyak koq orang kita yang memodifikasi mesin motor menjadi paramotor. Kenapa dipilih mesin NSR ?? karena mesinya bisa tahan panas dan tidak cepat panas. Kalo modifikasi sendiri kan murah budget 15 juta cukup untuk modifikasi mesin dan beli propellernya/baling-baling. Kalo trike, harnes bisa bikin sendiri koq. Sekedar masukan lihat cara pembuatannya disini http://www.skytribe.co.za/BUILDetc/build.htm. tapi kalo mau lebih lengkapnya bisa membeli buku perakitannya disini http://mesinparamotor.blogspot.com/2011/06/merakit-paramotor-sendiri.html. saya juga masih belum coba, karena masih keterbatasan dana. Thank’s

91. amir - December 3, 2012

Selamat siang mas Franky, saya ingin minta info untuk tempat sewa atau beli pesawat ultralight dengan 2 kursi, khususnya di Indonesia kalo ada alamat dan contact person nya mas, trims.
email saya : amirudin66@gmail.com

92. Lindung Soemarhadi - January 2, 2013

Assalamualaikum Mas Franky,

Kenalkan nama saya Lindung Soemarhadi. Saya seorang fotografer asitektural. Kebetulan saya mendapatkan proyek pemotretan arsitektural di Jakarta, daerah Bendungan Hilir tepatnya, yang memerlukan untuk difoto dari udara.
Saya browsing untuk mencari tempat penyewaan glider (dengan pilot tentunya). Nah saya menemukan artikel Mas Franky ini.
Untuk kebutuhan pemotretan ini, apakah mas Franky bisa bantu saya untuk mencari infonya kemana?Saya sangat berterima kasih sekali kalau dapat share infonya.
Apabila tidak keberatan, info bisa langsung di email ke saya ke :
lindung.soemarhadi@nilaiasiaimages.com dan nilai.asia@gmail.com

Terima kasih atas bantuannya.

93. aryo - April 21, 2013

mas, saya mau info lengkapnya tentang harga, penjualan dan servis pesawat trike ini. email : Oyra.31@gmail.com

94. gerald - April 21, 2013

selamat siang semuanya,

untuk info dealer trike di indonesia ada banyak, namun untuk lebih lengkapnya anda bisa datang ke club-club di indonesia. untuk pegasaus aviation dan aquilla trike bisa datangi ke asia aero flying cibubur. untuk trike airborne bisa datang ke Lido flying club. untuk cosmos trike bisa datang ke bandung flying cub. untuk trike handmade buatan indonesia setau saya belom ada untuk saat ini yg aproved izin terbangnya dari dsku. jika ingin bertanya-tanya tentang trike lagi silahkan hubungi saya di fb : Gerald Sam

thankss..

95. ioption - July 11, 2013

You might observe additional lucrative positions
than you’d daily engaging in the usa markets such as the S& V 500 as well as the actual NASDAQ. Tools within the ioption platform add the Above/Below process, one particular hint method and also our selection designer created to permit consumers establish the particular cessation involving payout along with issues of the industry, plus the ioption which in turn reach its expiration date inside sixty just a few seconds from your onset from the commitment. If the choice expires, should the current market is usually above the actual reach cost, the actual entrepreneur which acquired some sort of “call” solution is definitely the success.

96. Andi MP - December 7, 2013

pak . klo nyari mesin rotax nya dimana yaayg jual nya ?

97. Budi Rawink Alimuddin - February 24, 2014

mas franki saya sedang meliput soal trike ini, oh ya tapi dari sisi importasi mesin dan pesawatnya. boleh saya dapat nama-nama vendor yang impor pesawat ini?

98. Muhammad Fuad - April 7, 2014

Salam kenal, Mas, saya Fuad, dari Batusangkar, Sumatera Barat, Tanya Mas, dengan menggunakan mesin motor 4 tak, bisa ngak dirancang bangun dan menerbangkan kita seperti gantole bermesin 4 tak lainnya? Trims,

99. Sina - April 14, 2014

Saya mau Tanya komunitas trike/gantole di jogja dmna ya?
Ni no saya 081277891304
Rndhyinzy15@yahoo.com


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

